Beberapa Fungsi Karet Elastomer pada Jembatan

Jembatan merupakan salah satu sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. jembatan dapat digunakan untuk menghubungkan satu titik dengan titik lainnya di dalam suatu wilayah. Komponen dari pembentukan jembatan sangat banyak dan memiliki fungsi masing masing. Salah satu komponen penyusun jembatan adalah karet elastomer jembatan.

Fungsi karet elastomer pada jembatan yaitu untuk menerima dan mentransfer beban dari struktur atas jembatan kepada substruktur jembatan. hal tersebut akan membuat jembatan memiliki ketahanan yang tinggi akan terjadinya guncangan maupun getaran yang terjadi. Sebelum mengetahui fungsi karet elastomer sebelumnya akan diulas mengenai definisi dari karet elastomer.

Defisini Karet Elastomer pada Jembatan

Karet Elastomer jembatan adalah sebuah komponen jembatan yang digunakan sebagai perletakan elastomer untuk menahan beban yang terjadi pada jembatan baik secara vertikal maupun horizontal. Selain itu, fungsi karet elastomer pada jembatan yaitu sebagai peredam getaran yang membuat jembatan akan kokoh dan kuat ketika terdapat pergerakan dan rotasi.

Pergerakan dan rotasi dapat terjadi karena beberapa hal yang diantaranya yaitu pemuaian dan penyusutan komponen penyusun jembatan, aktivitas angin, beban kendaraan serta orang yang melakukan aktivitas perlintasan, toleransi konstruksi, serta aktivitas seismic (gempa bumi). Hal tersebut dapat diredam denhan menggunakan karet elastomer jembatan.

Fungsi Karet Elastomer pada Jembatan

Setelah anda mengetahui mengenai definisi dari karet elastomer pada jembatan, sekarang saatnya memahami lebih jauh mengenai fungsi karet elastomer jembatan. banyak sekali fungsi dari alat tersebut oleh sebab itu maka selanjutnya akan di ulas satu per satu mengenai manfaat dan fungsi karet elastomer pada jembatan, sebagai berikut :

  1. Pengakomodir Beban Jembatan

Fungsi karet elastomer pada jembatan yang pertama yaitu sebagai pengakomodir dari beban jembatan. Seperti yang sudah di bahas pada point diatas bahwa karet elastomer jembatan berperan dalam menerima beban gaya baik secara vertikal maupun horizontal. Hal tersebut berarti alat tersebut sebagai pusat tumpu dari suatu jembatan karena dapat menerima beban jembatan.

Selain itu karet elastomer juga berperan dalam mentrasmisi beban yang diterima dari upper structure dan mentransmisikan kepada substruktur jembatan. Jadi, karet elastomer tidak serta merta menahan beban gaya sendiri namun melakukan pemerataan kepada struktur lain jembatan. hal tersebut akan membuat beban tumpu tidak akan bertumpuk pada satu titik saja.

Kemampuan tersebut akan membuat jembatan memiliki daya tahan yang lebih lama. Selain itu tingkat elastisitas jembatan juga akan meningkat yang berakibat kepada kemampuan menerima beban gaya menjadi lebih tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi karet elastor tersebut sebagai pengkomodir beban jembatan.

  1. Meminimalisir Dapak Gempa Bumi

Fungsi karet elastomer pada jembatan selain sebagai pengakomodir beban jembatan juga dapat meminimalisir dampak gempa bumi. Terdapat beberapa jenis karet elastomer salah satunya yaitu lead rubber bearings. Alat ini memiliki satu atau lebih silinder yang berada di tengah yang diberi nama inti bantalan karet. Komponen tersebut dapat meredam guncangan yang sangat besar.

Inti bantalan karet pada karet elastomer jembatan ini juga dapat berfungsi untuk membantu meminimalisir kerusakan yang parah akibat bencana alam seperti gempa bumi, gelombang pasang air laut, dan banjir.

  1. Melindungi Jembatan dari Pemuaian

Pemuaian terjadi akibat adanya kenaikan suhu secara berkala yang dapat menyebabkan perubahan struktur jembatan. Komponen utama penyusun jembatan yaitu besi baja yang merupakan benda yang mudah untuk memuai. Pemuaian akan berakibat pada perubahan struktur jembatan yang apabila terus terjadi dengan frekuensi yang sering akan menyebabkan kerusakan struktur jembatan.

Fungsi karet elastomer pada jembatan salah satunya yaitu untuk meredam dari resiko pemuaian struktur jembatan. Karet memiliki tingkat elastisitas yang baik sehingga apabila terjadi pemuaian maka perubahan beban struktur jembaran akan diakomodir oleh karet elastomer untuk disebarkan secara merata kepada komponen jembatan lainnya yang membuat resiko kerusakan diminimalisir.

Itulah beberapa fungsi  karet elastomer pada jembatan. Vitalnya komponen tersebut seharusnya membuat anda untuk mempertimbangkan menggunakan alat tersebut untuk salah komponen jembatan. konsultasikanlah terlebih dahulu penggunaan alat ini ahlinya yaitu, karetkonstruksi.

Beberapa Fungsi Karet Elastomer pada Jembatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *