Beberapa Type Karet Elastomer Jembatan

Mungkin anda pernah melintasi jembatan menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum, atau bus lintas provinsi Ketika melewati badan jembatan anda akan merasa terdapat getaran maupun guncangan. Lalu anda takut dan berpikir bahwa jembatan yang dilewati akan rubuh, hancur, dan anda akan terjatuh kedalamnya. Tidak perlu khawatir itu adalah peran dari karet elastomer jembatan.

Karet Elastomer Jembatan memungkinkan suatu struktur jembatan memiliki elastisitas yang berfungsi untuk menyerap beban gaya yang terjadi pada badan jembatan maupun substruktur jembatan untuk di transmisikan kepada struktur jembatan. terdapat beberapa type karet elastomer jembatan. sebelum memperlajari hal tersebut marilah kita mengetahui definisi dari karet elastomer jembatan.

Definisi Karet Elastomer Jembatan

Karet elastomer jembatan merupakan salah satu jenisĀ  bantalan penahan beban gaya jembatan yang merupakan media penyalur gaya beban diantara struktur atas jembatan dan bagian bawah jembatan. oleh karena itu beban gaya pada jembatan tidak akan bertumpu pada suatu komponen jembatan saja. Karet elastomer jembatan membuat struktur jembatan menjadi lebih elastis dan tahan lama.

Cara kerja dari karet elastomer jembatan yaitu mengakomodir pergerakan dan rotasi yang dialami oleh struktur jembatan dengan cara melakukan perehangan dan deformasi (perubahan bentuk) dari beban gaya menjadi energi panas. Sehingga tidak aneh apabila anda melewati suatu jembatan maka akan terasa guncangan dan getaran karena elastisitas dari karet elastomer jembatan.

Type Karet Elastomer Jembatan

Setelah mengetahui pengertian dari karet elastomer jembatan selanjutnya kita akan sama sama mengulas mengenai type karet elastomer jembatan. Terdapat beberapa type dan jenis dari karet elastomer jembatan yang memiliki kegunaan serta fungsinya masing masing. Berikut akan dijelaskan beberapa type dari karet elastomer jembatan, sebagai berikut :

  1. Pot Bearings

Salah satu type karet elastomer jembatan yang biasa gunakan sebagai bantalan jembatan yaitu pot bearings. Jenis ini sangat rekomended untuk digunakan pada jembatan yang memiliki ruang terbatas. Instalasi dari alat ini cenderung lebih mudah sehingga tidak akan merepotkan pemasangnya. Alat ini memiliki kinerja yang baik dan dapat meningkatkan elastisitas jembatan.

Pot Bearings sangat cocok digunakan untuk struktur jembatan yang memiliki kelengkungan dan kemiringan yang membutuhkan kontrol arah dan rotasi. Alat ini dirancang khusus untuk mengakomodasi beban vertikal yang besar. Penggunaan sistem piston dan bantalan karet akan membuat alat ini mampu menahan beban gaya yang besar.

  1. Laminated Elastomeric Bridge Bearings

Laminated Elastomeric Brdige Bearings merupakan type karet elastomer jembatan yang memiliki lapisan pelat baja sebagai penguat dari alat tersebut. Pelat baja yang digunakan biasanya berbentuk seperti bantalan yang dapat menampung pergerakan yang terjadi akibar dari deformasi geser dan rotasi dari jembatan.

Laminated elastromeric bridge bearings khusus dirancang untuk mengatasi struktur jembatan yang banyak mengalami masalah seperti gerakan struktur, longitudinal, transversal serta rotasi dengan frekuensi yang sering. Alat ini akan melakukan isolasi getaran terhadap masalah yang terjadi.

  1. Base Isolation Bearing

Type karet elastomer jembatan lainnya yang memiliki desain yang cukup mutakhir dan modern yatu base isolation bearing. Type karet elastomer ini dapat mengatasi berbagai jenis masalah seperti, perbedaan temperatur internal dan eksternal, ukuran bentang bangunan yang besar, dan masalah pemanasan global yang menyebabkan pemuaian struktur bangunan jembatan.

Perbedaan desain karet elastomer type ini dengan yang lainnya yaitu, memiliki tambahan karet sintetis (neoprene) dan rangkaian baja seperti stainless steel dan teflon. Kombinasi dari penambahan kedua jenis bahan tersebut memungkinkan karet elastomer menopang bangunan terhadap beban geser yang terjadi karena gempa bumi atau guncangan lainnya.

  1. Lead Rubber Bearings

Type karet elastomer jembatan ini memilki kelebihan dalam meredam getaran atau guncangan yang sangat besar. Selain itu alat ini juga mampu untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi akibat bencana alam seperti gempa bumi, gelombang pasang, maupun banjir. Alat ini terbentuk dari satu atau lebih silinder yang ditengahnya diberi inti bantalan karet yang berfungsi meredam guncangan.

Itulah beberapa type karet elastomer jembatan. Anda dapat memilih type karet elastomer yang sesuai dengan kebutuhan anda. Konsultasikanlah pembelian anda hanya kepada ahlinya yaitu karetkonstruksi.

Beberapa Type Karet Elastomer Jembatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *