Definisi, fungsi, dan Spesifikasi Elastomer Bearing Pads

Jembatan berfungsi untuk menghubungkan suatu wilayah dengan wilayah lainnya sehingga mobilitas masyarakat menjadi lebih lancar. Dampak lain dari adanya jembatan yaitu meningkatkankan ekonomi suatu daerah. Namun seringkali kita bertanya tanya komponen apa saja dalam menyusun jembatan sehingga jembatan kokoh dilewati setiap hari. Elastomer bearing pads salah satu komponenya.

Mendengar kata elastomer bearing pads mungkin membuat anda kebingungan oleh sebab itu maka akan dibahas mengenai definisi, fungsi, serta spesifikasi dari salah satu komponen struktur pembuatan jembatan ini.

Definisi Elastomer Bearing Pads

Elastomer bearing pads dikenal juga sebagai karet bantalan jembatan yang merupakan salah satu komponen struktur pembuatan jembatan yang berfungsi meredam getaran sehingga dapat meminimalisir dampak kerusakan akibat getaran. Alat ini juga berfungsi untuk menahan beban yang terdapat di jembatan baik secara vertikal maupun horizontal.

Benda ini terbuat dari elastomer dan kepingan loham baja yang disusun dengan cara berlapis lapis yang dapat membuat kedua komponen tersebut saling melekat satu sama lainnya. Proses pelekatanya dapat menggunakan suhu maupun tekanan yang tinggi. Bahan utama pembuatan alat ini yaitu natural rubber (karet alam). Namun terdapat pula yang menggunakan bahan sintetis (neoprene).

Elastromer bearing pads haruslah memenuhi beberapa spesifikasi yang rinci untuk menguji kualitasnya. Beberapa parameter yang diuji yaitu kemampuan terhadap pemuaian serta kontraksi akibat perubahan suhu yang ekstrim, perubahan kemiringan, rotasi, serta penyusutan pada struktur elemen di dalamnya.

Fungsi Elastomer Bearing Pads

Elastomer Bearing Pads memiliki beberapa fungsi yaitu sebagai komponen jembatan yang dapat menerima beban gaya baik secara vertikal maupun horizontal akibat adanya pergerakan, rotasi dan mentransmisikanya ke struktur jembatan. Dengan kata lain alat ini berfungsi untuk menyerap gaya dan membiaskan gaya beban melalaui elastistisitas dari karet agar tidak tertumpu pada satu titik.

Selain itu alat ini juga berfungsi untuk meminimalisir dampak dari adanya getaran yang disebabkan adanya aktivitas gempa bumi, gelombang air, serta banjir. Dengan alat ini kerusakan jembatan akan dapat diminimalisir yang berdampak kepada efisiensi anggaran untuk perbaikan dari jembatan yang rusak karena adanya bencana alam.

Spesifikasi Elastomer Bearing Pads

Secara umum alat ini terdiri dari beberapa komponen penyusun yaitu kompon karet, bantalan karet, pelat penguat baja, dan pelat penguat serat gelas. Komponen ini harus memiliki spesifikasi khusus untuk mengoptimalisasi fungsi dari alat ini. berikut akan dijelaskan standarisasi setiap komponen elastomer bearing pads.

  1. Kompon Karet

Komponen utama dari elastomer bearing pads yaitu kompon karet. Semua jenis elastomer terbuat dari kompon karet. Namun yang membedakan yaitu ada yang terbuat dari bahan sintetis (neuprene) serta ada yang berasal dari karet alam. Kedua jenis bahan ini yang memiliki ketahanan dan elastisitas yang baik untuk digunakan sebagai karet bantalan jembatan.

  1. Bantalan Karet

Komponen penyusun lainnya selain kompon karet yaitu bantalan karet. Bantalan karet yang harus memenuhi standar yang sesuai untuk pembuatan elastomer bearing pads. Anda dapat melakukan pengukuran terhadap bantalan karet sebelum digunakan. Pengukuran bertujuan untuk mengetahui jenis bantalan karet yang digunakan apakah sudah sesuai dengan standar atau belum.

Beberapa parameter pengukuran yang harus diukur yaitu ukuran tegak total, ukuran mendatar total, tebal tiap lapisan karet, perbedaan bidang datar dengan permukaan, lokasi bagian mengikat terbuka, lapisan selimut penutup, ukuran dan lokasi lubang, celah, dan tempat sesuatu.

  1. Pelat Penguat Baja

Pelat penguat baja yang dapat digunakan sebagai bahan penyusun elastomer bearing pads yaitu terbuat dari baja giling lunak seseuai dengan ketentuan yang berlaku (AASTHO.M.183, ASTM 570) dan sejenisnya. Tebal minimum nominal yaitu 1,52 nm. Persyaratan lainnya yaitu tidak boleh terdapat lubang pada pelat baja.

  1. Pelat Penguat Serat Gelas

Spesifikasi dari pelat penguat serat gelas yang sesuai yaitu jumlah benang minimum pada setiap arah yaitu 10 benang/cm. harus terbuat dari anyaman 100% dengan tipe ā€œeā€. Bentuk anyaman sesuai dengan crowfoot dan kuat hancur minimum setia lapis bahan yaitu 140 Kn/M.

Itulah beberapa informasi mengenai elastomer bearing pads. Alat ini memiliki fungsi yang vital dalam pembuatan jembatan oleh sebab itu maka gunakanlah alat ini sebagai penyusun struktur jembatan. dapatkanlah hanya di karetkonstruksi.

Definisi, fungsi, dan Spesifikasi Elastomer Bearing Pads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *