Mengenal Karet Dudukan Jembatan

Jembatan terdiri dari beberapa komponen penyusun yang saling bekerjasama untuk melakukan fungsi tertentu. Komponen dari jembatan sangat berkaitan antara satunya dengan yang lain. Secara umum struktur jembatan terbagi menjadi tiga yaitu superstructures (struktur bagian atas), substructures (struktur bawah), dan pondasi.

Struktur atas berperan dalamĀ  dalam menerima beban gaya langsung, baik akibat beban lalu lintas kendaraan, gaya rem, beban pejalan kaki maupun berat jembatan sendiri. Sedangkan substructure berperan dalam menerima beban dari struktur atas dan beban lainnya akibat dari tekanan tanah, gesekan, dan aliran air. Oleh sebab itu maka dibutuhkan tumpuan berupa karet dudukan jembatan.

Definisi Karet Dudukan Jembatan

Bridge bearing pad atau biasa disebut dengan karet dudukan jembatan merupakan suatu komponen jembatan yang berfungsi dalam menerima dan mendistribusikan beban gaya kepada struktur jembatan. Hal tersebut akan membuat jembatan memiliki kekuatan dan elastisitas yang baik apabila menerima beban gaya dari luar.

Fungsi Karet Dudukan Jembatan

Fungsi utama dari karet dudukan jembatan yaitu sebagai penahan dari beban gravitasi dari struktur atas jembatan. selain itu alat ini juga memiliki fungsi untuk mengakomodir pergerakan dan pergeseran, dan rotasi yang terjadi untuk dapat diteruskan kepada bagian struktur bawah jembatan. Sifat alamiah karet juga akan membantu jembatan lebih kuat dan tahan lama.

Pergerakan dan rotasi yang terjadi dapat disebabkan oleh aktivitas angin, pemuaian dan penyusutan komponen penyusun jembatan, beban kendaraan serta orang yang berjalan melintas di atas jembatan, aktivitas seismic (gempa bumi), toleransi konstruksim dan lain sebagainya. Faktor tersebut akan memengaruhi gaya beban dari jembatan.

Karet dudukan jembatan ini pada umumnya digunakan sebagai salah satu struktur dari jembatan namun juga seringkali digunakan untuk membangun gedung gedung bertingkat serta pondasi mesin dan peralatan besar.

Cara Kerja Karet Dudukan Jembatan

Karet dudukan jembatan akan mengakomodir pergerakan dan rotasi yang terjadi pada sebuah jembatan dengan cara melakukan peregangan. Seperti yang kita ketahui bahwa karet memiliki elastisitas yang baik sehingga memungkinkan untuk melakukan peregangan. Selain itu alat ini akan melakukan deformasi (perubahan bentuk) dari beban gaya menjadi energi panas.

Prinsip kerjanya sama dengan ilustrasi dari proses peregangan pada ban kendaraan anda. Beban gaya yang diterima akan dilepas dalam bentuk panas untuk menopang beban kendaraan, gesekan, serta aktivitas kendaraan. Sehingga harus dipastikan bahwa karet memiliki kualitas yang baik untuk digunakan sebagai dudukan jembatan.

Meskipun memiliki elastisitas yang baik karet memiiki tingkat elastisitas yang berbeda antara tiap jenis karet. Suhu yang tinggi akan membuat karet meleleh dan cepat rusak. Oleh sebab itu maka sebaiknya menggunakan karet dengan kualitas yang baik. Salah satu karet yang memiliki kualitas baik yaitu karet alam, neoprene, dan chloroprene. Karet ini banyak digunakan di berbagai negara.

Alasan Penggunaan Karet Dudukan Jembatan

Karet dudukan jembatan menjadi pilihan utama dalam komponen pembentukan jembatan, bangunan pencakar langit, dan sebagai penyangga alat alat berat. Terdapat beberapa alasan yang mendasari penggunakan alat tersebut yaitu :

  1. Performa Cukup Baik

Karet memiliki elastisitas yang sangat baik ketika terjadinya pemuaian, gempa bumi, dan tahan menerima beban gaya yang besar. Oleh sebab itu karet dudukan jembatan di gemari untuk digunakan sebagai bantalan jembatan, komponen gedung bertingkat, serta penyangga alat berat.

  1. Memiliki Daya Tahan yang Lama

Karet dudukan jembatan memiliki masa pakai yang sangat lama. Untuk penggunaan karet secara normal tanpa perawatan, masa proktifnya bisa mencapai hingga 50 tahun sedangkan apabila diberikan perawatan dapat meningkat hingga 100 tahun.

  1. Murah

Keunggulan lainnya dari karet dudukan jembatan yaitu memiliki harga yang relatif murah apabila dibandingkan dengan jenis elastomeric lainnya. Walaupun memiliki harga yang murah kualitas dari alat ini juga sudah teruji performa dan daya tahanya sehingga tidak aneh apabilaalat ini dijadikan pilihan utama.

Itulah beberapa informasi mengenai karet dudukan jembatan. semoga dapat memperkaya pengetahuan anda mengenai komponen pembentukan jembatan. jembatan yang baik tersusun dari komponen komponen yang berkualitas. Untuk itu konsultasikanlah spesifikasi dan jenis dari karet dudukan jembatan kepada ahlinya yaitu, karetkonstruksi.

Mengenal Karet Dudukan Jembatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *