Jenis dan Cara Pembuatan Rubber Bearing Pads Jembatan

Pembangunan jalan dan jembatan merupakan prioritas utama pemerintah pada saat ini. Terdapat banyak sekali program pembangunan jembatan guna menghubungkan tiap daerah. Bagi anda yang mendapatkan kehormatan dalam membantu pemerintah perlu kiranya untuk mengetahui berbagai jenis dan cara pembuatan dari salah satu komponen jembatan yaitu rubber bearing pads jembatan.

Definisi Rubber Bearing Pads Jembatan

Rubber bearings pads jembatan merupakan sebuah komponen jembatan yang memiliki kemampuan untuk menyerap beban gaya jembatan dan melakukan transmisi kepada substruktur jembatan yang dapat meningkatkan elastisitas jembatan. Hal tersebut membuat alat ini sangat penting perannya sebagai salah satu struktur penyanggah jembatan.

Perkembangan Rubber Bearing Pads Jembatan

Sebelum menggunakan bahan karet alam maupun neoprene (karet sintetis) rubber bearings pads jembatan menggunakan jenis bahan seperti kayu, besi, baja, dan logam. Kelemahan dari alat tersebut yaitu tidak tahan lama karena mudah berkarat dan tidak tahan akan pelapukan. Hal tersebut membuat jembatan tidak tahan lama.

Seiring dengan perkembangan teknologi maka dikembangkanlah jenis bahan karet untuk dijadikan bahan dasar pembuatan rubber bearing pads. Karet yang umumnya digunakan apda alat ini yaitu jenis karet alam maupun sejenis karet sintetis neoprone. Sifat alamiah karet yang elastis akan meningkatkan elastisitas jembatan apabila mendapatkan beban gaya tertentu.

Cara Pembuatan Rubber Bearing Pads Jembatan

Rubber bearings pads jembatan memiliki beragam jenis dan spesifikasi yang berbeda beda. Namun dalam artikel ini akan dibahas tiga jenis rubber bearing pads jembatan yaitu rubber bearings pads polos, rubber bearing pads dengan pelat penguat baja dan rubber  bearings pads dengan pelat serat gelas. Berikutnya akan diulas denan point point pada paragraf di bawah ini :

  1. Rubber Bearings Pads Polos

Jenis rubber bearings pads jembatan ini dibuat dengan menggunakan karet alam. Karet alam dituang kedalam suatu pencetak berupa lembaran persegi panjang untuk dilakukan pencetakan dan di vulkanisasi. Kemudian dilakukan pemotongan lembaran karet sesuai dengan ukuran standar yang sudah ditetapkan.

Perlu diperhatikan bahwa proses pemotongan tidak boleh menimbulkan panas dan ukuranya sesuai dengan standar. Hasil pemotongan haruslah memiliki ketebalan yang sama antara satu produk dengan produk yang lainnya. Apabila menggunakan plat baja maka harus dipastikan bahwa pelat baja memiliki antikarat.

  1. Rubber Bearings Pads dengan Pelat Penguat Baja

Pembuatan rubber bearings pads jembatan dengan pelat penguat baja dilakukan dengan memasukan kompon karet diatas pelat baja yang tedapat dalam suatu cetakan. Selanjutnya dilakukan vulkanisasi secara merata. Vulkanisasi dapat dilakukan menggunakan pemanasan dan tekanan.

Pencetak rubber bearings pads jembatan harus mudah dibuka pasang dan harus dibersihkan secara berkala. Pembersihan pencetakan dapat dilakukan dengan menggunakan minyak maupun gemuk. Pelat baja yang digunakan harus memiliki ketebalan selimut minimum 3 mm dan tidak tajam dan kasar. Pelat baja yang terbuka ketika proses vulkanisir harus dilindungi dengan karet.

Pada proses vulkanisir bantalan karet harus dilekatkan dengan pelat baja. Hal tersebut agar pelat karet tidak terpisah dengan pelat penguat baja yang digunakkan. Rubber bearings pads yang digunakan sebagai suatu unit tunggal dengan satu bentuk tertentu harus dibuat terpisah.

  1. Rubber Bearings Pads dengan Pelat Serat Gelas

Pada dasarnya pembentukan rubber bearings pads jembatan ini sama dengan kedua cara yang diatas namun yang perlu diperhatikan yaitu dalam proses pemotongan pelat haruslah mengutamakan ketelitian. Bantalan dengan pelat penguat serat gelas harus dipotong rapu dan tidak menimbulkan pemisahan pelat dengan elastomer.

Pelat haruslah bebas dari berbagai jenis lipatan dan lekukan. Selain itu pelat haruslah sejajar dengan permukaan bagian atas dan bawah. Apabila menggunakan pelat baja maka digunakan pelekatan dingin dengan gaya kuat lekat mibinun yaitu sebesar 6,9 Kn/M.

Itulah penjelasan singkat mengenai rubber bearings pads jembatan yang terdiri dari definisi, perkembangan, jenis jenis, dan cara pembuatan dari beberapa jenis rubber bearings pads. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. untuk mengetahui mengenai rubber bearings pads lebih mendalam dapat menghubungi karetkontruksi dan dapatkan penawaran alat yang murah dan berkualitas.

Jenis dan Cara Pembuatan Rubber Bearing Pads Jembatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *